Sabtu, 28 Januari 2017

SMK Pancasila 6 Jatisrono





 

Halo !!! Ada yang sudah tahu tentang SMK Pancasila 6 Jatisrono?
Untuk yang beralamat sekitar Wonogiri mungkin sudah tidak asing lagi dengan SMK Pancasila 6 Jatisrono atau yang lebih dikenal dengan SPANSIX.
Jadi SMK Pancasila 6 Jatisrono merupakan salah satu sekolah kejuruan yang berada di Jatisrono dan berada dibawah yayasan Pancasila.
SMK Pancasila 6 Jatisrono memiliki 3 kejuruan, yaitu Administrasi Perkantoran, Akuntansi, dan Multimedia.



Apa saja Fasilitas yang disuguhkan oleh

SMK Pancasila 6 Jatisrono?

Fasilitas

  1. Gedung Elegan
  2. Laboratorium (Akuntansi, Simulasi Perkantoran, Multimedia)
  3. Perpustakaan
  4. Wifi/Hotspot Area (Kecepatan hingga 2 Mbps)
  5. Tenaga Pengajar Profesional
  6. Jaminan Kuliah Sambil Kerja

SMK Pancasila 6 Jatisrono merupakan satu-satunya sekolah kejuruan di Jatisrono yang memiliki kejuruan pada bidang Multimedia loh. Multimedia SMK Pancasila 6 Jatisrono juga sering mendapat tawaran untuk proses shooting diluar sekolah juga. contohnya : Hajatan, Perkawinan, ulang tahun sekolah lain dan yang lain. Jadi kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para siswa.



Belajar Apa Saja di Multimedia?

  • Desain Grafis dan Ilustrasi
Bidang ini entah mengapa paling marak di Indonesia. Mengajarkan tentang warna, tipografi, psikologi. Contoh dari tugas tugasnya adalah membuat komik, karikatur, poster, mewarna pakai cat air.
Software yang dipakai : Photoshop, Illustrator, Freehand, Color Scheme generator.
Karir: Graphic Designer, Illustrator, Manga Artist, Karikatur.
  • Audio atau Musik
Apakah ini termasuk multimedia? Menurut saya, iya. Banyak sekolah yang mengajarkan musik sebagai bidang yang berdiri sendiri, tapi banyak juga sekolah multimedia yang mengajarkan musik sebagai salah satu aspek yang mensupport bidang bidang lain. Contoh dari tugasnya: Membuat lagu (digital ataupun analog), membuat background music untuk game, film.
Software yang dipakai: Cubase4, Music Maker, berbagai macam alat musik.
Karir: Oskestra, singer, band, pengamen (serius ini, istilahnya Serious Street Performers, biasanya jualan CD juga), sound effect maker.
  • Game Design dan Development
Mempelajari berbagai macam type game, scenario, bahasa pemgrograman game. Untuk penjurusan di bidang game, penulis menganjurkan untuk mengambil murid spesifik di bidang game tertentu (genre), misalnya : 2d, 3d, casual game, role playing game, multiplayer game.
Software yang dipakai : Flash, Bahasa C, Maya, 3D Max.
Karir: Game Designer, Level Designer, Producer, Programmer, 3d Artist, Tester
  • 3d Designer dan Animator
Terlihat sangat menarik, tapi termasuk sulit, orang-orang yang menekuni bidang ini biasanya detail oriented.
Contoh dari tugasnya: Mempelajari biologi makhluk hidup, terutama untuk karakter, animation, membuat kota 3D
Software yang dipakai: Maya, 3D Max, Avid, After Effect.
Karir: Di broadcast (TV), animator, 3D logo designer, character designer, animator.
  • Film
Membuat film, mewawancara, scenario, cinematography.
Contoh dari tugasnya: Membuat film pendek, mewawancarai orang, mengedit video clip
Software yang dipakai: Avid, Adobe After Effect
Karir: Broadcast(TV), Producer, Animator, Kameraman, Editor, Actor.
  • Multimedia Management
Saat semua penjurusan lain mengurusi tentang hasil, bidang ini berkonsentrasi di bidang management. Planning, produksi, finansial dan komunikasi adalah sedikit contoh tentang apa yang akan dipelajari.
Karir: Event manager, theatre manager, visual art and design, project manager di perusahaan multimedia.
  • Interaction Design atau User Experience
Interaction design (sepertinya bahasa Indonesianya bukan design interaksi, jadi saya akan tetap “ngeyel” untuk memaka istilah interaction design) mempelajari tentang interaksi antara manusia dan alat elektronik.
Contoh tugas tugasnya: Membuat konsep tentang interaksi di website, handphone, membuat prototype produk
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Flash, HTML, Director
Karir: Interaction Designer, User Experience, Consultant, Usability Tester
  • Human Computer Interaction
Bidang ini mirip dengan interaction design, hanya jauh lebih technical. Mempelajari tentang teknik baru untuk mengakomodasi manusia dalam hidupnya.
Contoh tugasnya: Membuat robot, belajar bahasa pemrograman.
Software yang dipakai: Microsoft Visio, Java IDE (kalau memakai bahasa pemrograman Java), barang2 elektronik seperti solder.
Karir: Penemu, Interaction Designer, User Experience, Consultant, Programmer
  • Web Design and Development
Bidang ini berkonsentrasi dalam membuat website, biasanya tidak tersedia untuk 4 tahun pelajaran, hanya merupakan salah satu cabang penjurusan (tahun ketiga dan keempat).
Contoh tugasnya: Membuat webdesign, membuat website application, membuat Flash website.
Bahasa pemrograman yang digunakan: HTML, CSS, JavaScript, c#(.net), Java, Php, query database, Action Script.
Karir: web designer, web developer, web application engineer, software engineer.
  • Fotografi
Bidang ini juga biasanya adalah bidang penjurusan, termasuk bidang mahal karena harga alat alatnya yang tak terjangkau oleh mahasiswa mahasiswi yang *biasanya* miskin.
Contoh tugasnya: Foto, memfoto dan memfoto lagi, dan mengedit foto
Alat yang digunakan: Digital/analog SLR Camera, Tripod, Lensa
Karir: Photographer panggilan (pernikahan, etc), buka foto studio, fotographer untuk majalah, freelance fotographer.
Di SMK Pancasila 6 Jatisrono sendiri, mata pelajaran produktif multimedia yang diajarkan adalah sebagai berikut:
Menerapkan Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja
Memahami Etimologi Multimedia
Memahami Alir Proses Produksi Produk Multimedia
Menerapkan Prinsip-prinsip Seni Grafis dalam Desain Komunikasi Visual untuk Multimedia
Merakit Personal Komputer
Melakukan Instalasi Sistem Operasi Dasar
Menyusun Proposal Penawaran
Menggabungkan Teks dalam Sajian Multimedia
Menggabungkan Fotografi digital kedalam sajian Multimedia
Menggabungkan Audio ke Dalam Sajian Multimedia
Menerapkan Efek Khusus pada Obyek Produksi
Memperbaharui Isi Halaman Web
Menguasai Cara Menggambar Clean-Up dan Sisip
Menggabungkan Gambar 2D ke dalam Sajian Multimedia
Menguasai cara Menggambar Kunci untuk Animasi
Menguasai Cara Menggambar Clean-Up dan Sisip
Menguasai Dasar Animasi OP-Motion (Bidang Datar)
Membuat Story Board Aplikasi Multimedia
Merawat Peralatan Multimedia
Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Produksi
Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata Cahaya

SMK Pancasila 6 Jatisrono juga akan mengadakan Praktik Kerja Lapangan untuk menambah wawasan para siswa tentang bagaimana kehidupan dunia kerja. Sehingga para siswa akan lebih matang dalam menghadapi  persaingan pada dunia kerja




KUNJUNGAN INDUSTRI MULTIMEDIA

Pada tanggal 7 Februari 2015 lalu, 
Kompetensi Keahlian Multimedia mengadakan kunjungan industri. 
 Lebih tepatnya mengunjungi STMIK AMIKOM Yogyakarta. 
Diikuti oleh 70 siswa kelas XI Multimedia TP. 2014/2015.
Kunjungan industri ini bertujuan untuk 
menambah wawasan tentang berbagai macam karya multimedia. 
Di sana, para peserta berkesempatan menimba ilmu pertelevisian, penyiaran radio, pengembangan website, game, dan film animasi.
Berikut ini dokumentasi kegiatannya:


 












































Dan ini beberapa contoh hasil Editing Video oleh para siswa
Multimedia SMK Pancasila 6 Jatisrono. Khusunya dari kelas saya
2 Multimedia 2 :D














Untuk info lebih lanjut tentang SMK Pancasila 6 Jatisrono
Mulai dari sejarah,profil sekolah,tentang kejuruan
sampai profil para guru silahkan kunjungi 
Hasil gambar untuk gambar smk pancasila 6 jatisrono
https://www.smkp6jatisrono.sch.id/


Sekian semoga dapat menambah minat anda dengan SMK Pancasila 6 Jatisrono.
Tunggu postingan saya selanjutnya yaa~
bye...bye

Tidak ada komentar:

Posting Komentar